Pages - Menu

Popular Posts

22 Januari 2019

Konglomerat Aneka Kimia Raya Group & Kinerja Bisnisnya





7. ANEKA KIMIA RAYA GROUP


HOLDING COMPANY : PT. AKR CORPORINDO Tbk.
                                (d/h PT. ANEKA KIMIA RAYA Tbk.)

A l a m a t  :   
Kantor Pusat
Wisma AKR , lt. 7 & lt. 9
Jl. Panjang No. 5, Kebon Jeruk
Jakarta 11530
Phone : (62 21) 5311555, 5311110, 5311569
Fax :  (62 21) 5311388, 5311308, 5311128
Website : www.akr.co.id

Kantor Cabang
Jl. Sumatra No. 51-53
Surabaya 60281, Jawa Timur
Phone     :  (031) 5034871, 5034872
Fax         :  (031) 5038772, 5038773


Tahun Pendirian :  28 Nopember 1977

Status :  Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN)

Jumlah Anak Perusahaan & Perusahaan Afiliasinya : 20 Perusahaan

Bidang Usaha :  
 Petroleum, Industri Kimia, Distributor Produk Kimia, 
Jasa Logistik, Property, Infrastruktur, Tepung Tapioka, 
Sorbitol.

Pemegang Saham
a. PT. Arthakencana Rayatama
b. Manajemen Perusahaan
    (Dewan Komisaris & Dewan Direksi)     
c. Publik                                    
 
Sales Turnover (Estimasi) :
2018 - Rp. 20.925,0 Milyar

2017 - Rp. 19.450,0 Milyar    
2016 - Rp. 17.150,0 Milyar               
     

Dewan Komisaris :

 Presiden Komisaris
 Mr. Soegiarto Adikoesoemo                                

 Komisaris Independen
 Mr. Nyoman Mastra
 Mr.Sabirin Saiman                                       

 Komisaris
 Mr. Mahendra Siregar
 Mr. Sugiarto Andoko
                                                   
Dewan Direksi :

Presiden Direktur
Mr. Haryanto Adikoesoemo            

Direktur
Mr. Jimmy Tandyo
Mr. Bambang Soetiono Soedijanto
Ms. Nery Polim
Mr. Ter Murti Tiban
Ms. Mery Sofi
Mr. Suresh Vembu

Direktur Independen
Mr. Arief Budiman Utomo


DAFTAR ANAK PERUSAHAAN & PERUSAHAAN AFILIASINYA :

A. Industri Kimia
     -PT. AKR CORPORINDO Tbk. (Holding Company)
          (d/h PT. ANEKA KIMIA RAYA Tbk.)
     -PT. POLEKAO INDONESIA CHEMICALS
     -PT. ARJUNA UTAMA KIMIA

B. Distribusi BBM & Jasa Logistik
    -PT. JAKARTA TANK TERMINAL
    -PT. ANDAHANESA ABADI
    -PT. ANEKA TERMINAL CURAH MEDAN
    -PT. BERLIAN MANYAR SEJAHTERA
    -PT. ANUGERAH KRIDA RETALINDO
    -PT. ANEKA PETROINDO RAYA
    -PT. DIRGANTARA PETROINDO RAYA
    -PT. AIR BP-AKR AVIATION

C. Property
     -PT. AKR LAND DEVELOPMENT 
             (Property)
     -PT. AKR SURABAYA LAND CORD 
            (Property)

D. Infrastruktur
     - PT. USAHA ERA PRATAMA NUSANTARA 
              (Infrastruktur Pelabuhan Laut)
     - PT. ENERGI MANYAR SEJAHTERA 
              (Pembangkit Listrik)

E. Pabrik Tepung Tapioka
     -PT. AGRO ASIA MANUNGGAL

F. Bisnis Lainnya
    -PT. ARTHAKENCANA RAYATAMA
    -AKR GUIGANG COAL TRADING CO. LTD.
    -PT. SANTINI LUWANSA LESTARI 
           (Investasi)
    -PT. AMANAH INDO INVEST
           (Investasi)


KINERJA BISNIS

A.Latar Belakang

Aneka Kimia Raya (AKR) Group merupakan kelompok usaha yang khusus bergerak dibidang perdagangan dan distribusi sorbito, manufaktur Sorbitol, pabrik tepung tapioca, jasa logistic, distribusi BBM dan perdagangan batubara. Kelompok usaha ini pertama kali mendirikan PT. Aneka Kimia Raya (AKR) yang saat ini merupakan induk perusahaannya yang didirikan tahun 1977 oleh Soegiarto Adikoesoemo. Awalnya PT. AKR hanya bergerak dibidang impor Sorbitol di Surabaya, yang produknya berasal dari Roquette, perusahaan terbesar di dunia yang memproduksi Sorbitol untuk Unilever. Untuk menunjang usahanya tersebut, maka PT. AKR membangun sendiri tangki penyimpanan bahan kimia. Seiring dengan perkembangannya PT. AKR berhasil mendaftarkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia tahun 1994, dan saat ini telah memiliki kantor di Jakarta sebagai pusat bisnisnya. Belakangan PT. AKR Tbk. Berganti nama menjadi PT. AKR Corporindo Tbk.

PT. AKR Corporindo Tbk. adalah sebuah penyedia jasa untuk solusi rantai suplai yang terintegrasi. Perusahaan ini adalah salah satu perusahaan swasta terbesar di Indonesia yang mendistribusikan dan memperdagangkan bahan bakar dan bahan kimia dasar. Perusahaan ini juga bergerak di bidang jasa logistik, dan manufaktur sorbitol dan juga bahan-bahan perekat. Melalui beberapa anak perusahaan, perusahaaan ini juga beroperasi dalam bidang pertambangan batubara, infrastruktur dan manufaktur. Sejak tahun 1980an, perusahaan ini telah membangun infrastruktur logistik seperti terminal-terminal tangki dan gudang-gudang massal untuk menyimpan dan mendistribusikan bahan-bahan kimia dasar di beberapa pelabuhan besar di Indonesia, memperkuat kompetensinya dalam bisnis distribusi.

B. Perkembangan Usaha

Di tahun 1992, tampuk kepemimpinan AKR Group diserahkan Soegiarto kepada anaknya yaitu Haryanto Adikoesoemo. Di tangan Haryanto, yang tahun 2008 terpilih sebagai Entrepreneur of the Year versi Ernst & Young, AKR Group semakain kukuh menjadi pemain global, dan produknya telah masuk ke 70 negara.

Setelah usaha perdagangannya berkembang pesat maka tahun 2004 PT. AKR Tbk. berhasil mengakuisisi perusahaan-perusahaan yang saat ini telah menjadi anak perusahaannya, diantaranya saham PT. Sorini  Corporation Tbk. sebesar 58,24%. Sebuah perusahaan yang memproduksi beberapa bahan kimia dasar seperti :

- Sorbitol
- Maltose
- Glucose
- Dextrose
- Monohydrate
- Maltodextrine
- Maltitol

Namun saat ini (tahun 2007) telah berubah nama menjadi PT. Sorini Agro Asia Corporindo  Tbk., dengan memiliki tiga anak perusahaan yaitu PT. Sorini Towa Berlian sebagai produsen Sorbitol Liquid yang berlokasi di Pasuruan, PT. Saritanam Pratama dan PT. Agro Asia Manunggal sebagai produsen Tepung Tapioka yang masing-masing berlokasi di Ponorogo dan Gunung Terang  Jawa Timur. Selain mengakuisi PT. Sorini Agro Asia Corporindo Tbk.,  AKR Group juga berhasil mengakuisi saham Khalista Chemical Industries sebuah industry Sorbitol di Negara Republik Rakyat China.

Adapun, Sorbitol yang diproduksi oleh AKR Group merupakan bahan baku untuk produk farmasi, pasta gigi, makanan dan minuman serta kosmetik, yang konsumennya  terdiri dari Unilever, P&G, Colgate Palmolive, BASF, Nestle, Glaxo Smith Kline dan Abbott.

Tahun 2005, AKR Group telah melakukan ekspansi di bidang distribusi minyak  bersama produk-produk  lainnya seperti High Speed Diesel  (HSD), Fuel Oil dan Industrial Diesel Oil, yang saat ini telah dipercaya sebagai distributor minyak terbesar di Indonesia, dan berhasil menditribusikannya kebeberapa daerah di Indonesia bahkan ke manca Negara.  Dari kesuksesan yang diraihnya, bisnis kelompok usaha tersebut tidak berhenti sampai disitu,  dengan keahlian dan kualitas sumberdaya serta kemapuan financial yang dimilikinya, AKR Group berhasil berekspansi keberbagai usaha lain, diantaranya jasa logitik dan perdagangan batubara. Sehingga dengan hasil usaha dana beberapa ekspansinya tersebut, AKR Grup telah memiliki asset sebesar US$ 300 juta tahun pada tahun 2009.    

Petroleum Business

Products

Currently AKR carries the following Petroleum Products :

1.      High Speed Diesel (HSD)
2.      Fuel Oil (FO)
3.      Industrial Diesel Oil (IDO)

Indonesia menderegulasi industri hilir perminyakan dimulai dari bulan September 2005, AKR merupakan perusahaan swasta pertama yang memulai impor dan distribusi bahan bakar non-subsidi. AKR memimpin melalui pertumbuhan yang cepat di bisnis minyak bahan bakar, memanfaatkan jaringan yang didirikan untuk distribusi bahan kimia curah dan reputasi berdiri lama untuk keandalan dan layanan pelanggan.

Menjadi perusahaan swasta pertama yang mengimpor dan mendistribusikan bahan bakar kepada pelanggan industri, AKR berkomitmen untuk memberikan nilai tambah kepada pelanggan kami dengan menyediakan:

·   Dijamin pasokan kontinyu dan layanan yang konsisten;
·   Terpadu logistik dan operasi yang efisien yang pada gilirannya, memastikan harga yang
   lebih baik untuk industri;
·   Fokus kemitraan dengan pelanggan sebagai upaya terus-menerus belajar untuk
   memahami klien kami lebih baik;

Kami membeli minyak bakar, minyak diesel dan campuran komponen dari perusahaan-perusahaan minyak Internasional, kilang, produsen minyak utama dan sumber-sumber lainnya. Kami transportasi bahan bakar dengan menggunakan armada kapal tanker, toko dan campuran IDO, yang kami menjual dan mengirimkan ke basis pelanggan yang luas. Pelanggan ini mencakup Industri, perusahaan komersial, perusahaan pertambangan, perkebunan, bunker dan pelabuhan.

Garis besar kami manajemen rantai pasokan kami meliputi:

·   Sumber dan impor High Speed diesel, minyak bakar,
·   Pengiriman bahan bakar ini ke Terminal kami di Indonesia,
·   Penyimpanan dan pencampuran IDO dengan spesifikasi tertentu dan
·   Memberikan bahan bakar untuk armada AKR menggunakan pelanggan truk dan
   tongkang dan cakupan jaringan pipa distribusi BBM AKR

Saat ini sudah mencakup 3 pulau utama yaitu Jawa, Sumatera dan Kalimantan - dan segera Bali. AKR telah membuat komitmen untuk terus berinvestasi dan memperkuat kemampuan rantai pasokan, yang model menjamin konsistensi pengiriman dan pelayanan kepada pelanggan industri.

Pendirian & Pengembangan Pabrik

Produk

 
AKR Group adalah pemimpin dalam pembuatan Sorbitol dan Starch derivatif mencakup di dua teknologi decades.Pengembangan dilakukan secara in-house dan R & D, kami telah mampu mengembangkan berbagai nilai sorbitol dan produk bernilai tambah. Produk kami digunakan dalam aplikasi bervariasi seperti pasta gigi, vitamin C, produk makanan, farmasi, surfaktan, kosmetik, dll.


AKR merupakan pemimpin dalam polyol dan turunan tepung di dunia, produsen sorbitol terbesar di Asia Pasifik dan produsen sorbitol kedua terbesar di dunia. Manufakturnya menyumbang 28% dari total pendapatan AKR yang dihasilkan dari kapasitas produksi gabungan dari empat pabrik sebesar 365.000 MT per tahun. AKR beroperasi sorbitol dan tepung tapioka fasilitas manufaktur derivatif di Pasuruan, Jawa Timur dan di Liuzhou, propinsi Guangxi, Cina. AKR juga mengoperasikan pabrik tepung tapioka di Ponorogo, Jawa Timur dan sedang dalam proses commissioning pabrik tepung baru di Lampung, Sumatera yang akan mendukung operasi sorbitol.

Nilai tambah AKR manufaktur portofolio, telah melayani berbagai industri termasuk manufaktur pasta gigi, vitamin C, makanan, farmasi, surfaktan, dan kosmetik


Definisi
Penggunaan
Sorbitol
monosacharide A polihidrat alkohol digunakan dalam kosmetik, perlengkapan mandi, obat-obatan, makanan dan minuman, dan oleh industri kimia dan perikanan
pasta gigi, vitamin C, permen karet, pemanis, obat-obatan

Glucose syrup
Diperoleh hidrolisis parsial pati
Kembang gula
Maltodextrine
semprot A sirup kering yang sebagian menghidrolisis pati dengan enzim
Susu bubuk dan makanan
"Dextrose  
monohydrate"
Sebuah bentuk murni dan mengkristal D-glukosa mudah larut dalam air
Kembang gula, roti, dan makanan lainnya
Maltitol
Hydrogenated maltose
Makanan bebas gula dan minuman
Tapioca Starch
Terbuat dari ubi kayu, merupakan bahan baku untuk sorbitol
Tekstil, makanan, dan kertas
Sumber : AKR Group

Pasar Utama

AKR Group dengan produk yang diekspor ke lebih dari 50 negara di semua benua, termasuk negara-negara seperti Australia, Argentina, Brasil, Meksiko, Rusia, Yunani, sejumlah negara Asia dan negara-negara Timur Tengah.

AKR Group joint-venture dengan Towa Chemical Industry, Co Ltd dan Mitsubishi Corporation, PT. Sorini Towa Berlian Corporindo (STBC), memproduksi sorbitol cair dan bubuk terutama untuk pasar Jepang.

Cina adalah konsumen yang signifikan dari sorbitol. Menyadari potensi besar, kami telah menetapkan Khalista (Liuzhou) Chemical Industries Ltd untuk melayani kebutuhan domestik di Cina.

Pasar utama


1. Jepang
2. China
3. Australia
4. Uni Eropa
5. Timur Tengah
6. Asia Selatan
7. Afrika
8. Amerika Utara
9. Amerika Latin


Perdagangan & Distribusi

Produk

AKR Group pemimpin di Perdagangan & Distribusi dan menangani lebih dari satu juta MT per tahun untuk spektrum industri yang luas.

5.   METHANOL
15.  TOLUENE


AKR sejak tahun 1960 telah mendistribusikan bahan kimia untuk Pelanggan Industri. Saat ini, AKR merupakan perusahaan terkemuka Indonesia dalam distribusi bahan kimia. Kami memiliki perjanjian eksklusif dengan antara lain seperti Asahimas Chemical dan hubungan jangka panjang dengan South Pacific Viscose, Indo Bharat Rayon, Solvay SA, dan sebagainya dan mendistribusikan ke lebih dari 2.000 pelanggan industri di Indonesia. Kami juga perdagangan dalam berbagai bahan kimia dan produk massal. AKR memahami profil pelanggan, menyediakan informasi pasar dan menawarkan solusi inovatif untuk penanganan bahan kimia. jaringan luas AKR tentang terminal tangki, transportasi dan gudang memberikan sinergi untuk kegiatan distribusi kami untuk memberikan per persyaratan pelanggan.


Logistik

AKR logistik terkemuka di Indonesia penyedia untuk penanganan kargo curah - cair dan kering. Jaringan luas fasilitas di pelabuhan utama di Jawa dan Sumatera adalah tak tertandingi.
 
AKR menyediakan solusi logistik terpadu termasuk customs clearance, pemuatan, bongkar muat curah kering dan cair, pengepakan, pergudangan dan transportasi dari pelabuhan ke gudang nasabah, tidak hanya bahan baku tetapi juga produk jadi.
 
Perlengkapannya yang modern kami di pelabuhan dapat debit kargo dari kapal Panamax besar lebih efisien dan kami menangani kargo curah kering termasuk biji-bijian, bahan baku untuk berbagai pelanggan.

Fasilitas

Tangki penyimpangan

Storage Tank tersedia di sekitar pelabuhan berikut, yaitu: Tanjung Priok (Jakarta), Ciwandan (Banten), Tanjung Perak (Surabaya), Tanjung Emas (Semarang), Belawan (Medan), Lampung, dan Storage Palembang.Additional di Stagen, Kalimantan dan Benoa Bali sedang dalam pembangunan

Gudang

Ada total 50.907 meter persegi kapasitas built-up yang menyebar di Jakarta, Banten, Surabaya, Bandung, dan Medan.

Pengangkutan

Saat ini Bagian Logistik Segmen Perhubungan mengawasi armada truk dari 185 model yang berbeda, mulai dari dump truk yang sederhana untuk truk-khusus dirancang untuk membawa bahan kimia. Layanan transportasi yang tersedia di Jakarta, Banten, Surabaya, Semarang, Bandung, Palembang dan Lampung.

Pelabuhan

Pelabuhan meliputi layanan seperti bea masuk, pemakaian, pengangkutan sampai tempat pelanggan atau pemakai akhir. Penanganan Port layanan tersedia di pelabuhan berikut ini: Tanjung Priok (Jakarta), Ciwandan (Banten), Tanjung Emas (Semarang), Tanjung Perak (Surabaya), Belawan (Medan).

Heavy Equipment & Utilities

- 
Harbor Mobile Crane (HMC)
-  Wheel Loader
-  Bagging Machine
-  Forklifts
-  Conveyor Belts
-  Grab and Hoppers
-  Excavator
-  Weighbridges

Pelabuhan- Pelabuhan China 

Guangxi (Guigang) AKR Container Port Co., Ltd
Nanping Road, Lobowan Guigang, Guangxi, China
People's Republic of China
T +86-775-428 0080
Shareholding PT AKR Corporindo Tbk 80%

AKR (Guigang) Port Co., Ltd

Nanping Road, Lumberyard Guigang, Guangxi, China
People's Republic of China
T +86-775-428 0383
Shareholding PT AKR Corporindo Tbk 100%

AKR (Guigang) Transshipment Port Co., Ltd

Mao Er Shan Guigang, Guangxi, China
People's Republic of China
T +86-775-420 4116

Akuisisi lima pelabuhan sungai di Guigang pada tahun 2006, Provinsi Guangxi di Cina Selatan pertanda AKR Group masuk ke dalam segmen logistik yang cepat di pasar Cina. Guigang adalah 13 pelabuhan sungai terbesar di Cina dan merupakan yang terbesar di sungai Pearl. Pelabuhan Guigang adalah port Hub di cina barat yang Selatan, melayani daerah pedalaman besar, kaya sumber daya mineral, termasuk Guangxi, Guizhou, Sichuan dan Yunan. Ada potensi besar untuk menangani komoditas curah termasuk transshipment batubara dan mineral, kontainer dan kargo umum.

Pemerintah Cina telah memprioritaskan pembangunan jaringan darat yang logistik dan telah mengundang partisipasi asing. AKR diposisikan untuk mengembangkan pelabuhan Guigang selama dua-tiga tahun berikutnya dengan peningkatan kapasitas besar yang direncanakan.

Semua pelabuhan sungai baik dihubungkan oleh rel kereta api dan infrastruktur lainnya. Pemerintah Cina telah diberikan prioritas untuk mengembangkan pelabuhan sungai sebagai infrastruktur strategis untuk memindahkan komoditi curah dan di sana ada peluang yang cukup untuk pengiriman ke cepat tumbuh delta sungai Pearl.

AKR saat ini modernisasi operasi dan memperluas kapasitas pelabuhan dan diharapkan akan selesai dalam 3 tahun ke depan.

Dalam Line dengan pembangunan pelabuhan kontainer, AKR Guigang Port telah bekerja sama dengan APL (American President Lines) mulai Maret 2007 dimulai layanan kapal langsung antara Guigang AKR Container Port dan Hong Kong Port.

Kapasitas


Kapasitas Pelabuhan
Saat Ini
Target untuk 2019-2020
Containers
15,000 TEUs
200,000 TEUs
General cargo
600,000 MT
3,000,000 MT
Bulk cargo
3,300,000 MT
5,500,000 MT

Anak Perusahaan


Line of Business
Address & Factory
Manufacturing of Sorbitol and Tapioca Starch Derivative Products
Jl. Raya Gempol – Pandaan,
Kec.
Gempol, Kabupaten Pasuruan,
East Java, Indonesia
T +62-343-631 776
F +62-343-631 779
Product : Sorbitol, Maltose, Glucose, Dextrose,
Monohydrate, Maltodextrine, Maltitol
Manufacturing of Sorbitol and Tapioca Starch Derivative Products
Desa Cangkringmalang, Beji
Kabupaten Pasuruan 67154
East Java, Indonesia
T +62-343 - 656 656
F +62-343 - 656 370
Product  : Sorbitol
PT. Saritanam Pratama (SIP)
Manufacturing of Tapioca Starch
Desa Tajug, Kec. Siman
PO Box 168
Ponorogo
East Java, Indonesia
T +62-352 - 461 600 F +62-352 - 482 533
Product : Tapioca starch
Khalista (Liu Zhou) Chemical Industries Ltd
Manufacturing of Sorbitol and Tapioca Starch Derivative Products
Jinglan Economic Development Zone,
Liuzhou, Guangxi, People’s Republic of China
T +86-772-316 0888
F +86-772-316 0999
Product : Sorbitol
PT. Arjuna Utama Kimia (ARUKI)
Manufacturing of Chemicals for Wood, Pulp & Paper Industries
Jl Rungkut Industri I No 18/22
Surabaya 602902
East Java, Indonesia
T +62-31 - 843 1646
F+62-31 - 843 2672

Line of Business
Address & Factory
PT. Usaha Era Pratama 
       Nusantara (UEPN)
Storage Tanks & Dry Bulk Handling
Jl Prapat Kurung Utara No 48
Surabaya 602902
East Java, Indonesia
T +62-31 - 328 4727
F +62-31 - 328 4726
PT. Jakarta Tank Terminal
Provider of logistics services
Wisma AKR Lt 7, Jl. Panjang No. 5,
Jakarta Barat
T +62-21-531 1110
Guangxi Guigang AKR Container Port Co
Provider of logistics services
Nanping Road, Lobowan Guigang, Guangxi, China
People's Republic of China
T +86-775-428 0080
AKR (Guigang) Port Co Ltd
Provider of logistics services
Nanping Road, Lumberyard Guigang, Guangxi, China
People's Republic of China
T +86-775-428 0383
AKR (Guigang) Transshipment Co., Ltd
Provider of logistics services
Mao Er Shan Guigang,
Guangxi, China
People's Republic of China
T +86-775-420 4116
PT. Andahanesa Abadi
Provider of logistics services
Wisma AKR Lt 7, Jl. Panjang No. 5,
Jakarta Barat
T +62-21-531 1110
Sumber: AKR Group


AKR Group Kian Fokus Ke Bisnis Distribusi BBM

Keluarga Adikoesoemo pendiri AKR Group, yang memulai konglomerasinya di Indonesia sejak 1960-an dari bisnis perdagangan bahan kimia, kini telah berkembang ke berbagai lini usaha. Mulai dari lini distribusi perdagangan BBM, logistik, properti, perkebunan, dan terakhir tambang batubara.

Menjelang akhir  tahun 2010, PT. AKR Corporindo Tbk. Holding company AKR Group telah melakukan divestasi terhadap anak perusahaannya PT. Sorini Agro Asia Corporindo Tbk. Divestasi Sorini, produsen sorbitol terbesar se Asia-Pasifik itu, diumumkan paruh Desember 2010. Cargill, raksasa komoditas dan produk manufaktur asal Inggris yang mengakuisisi 68,82% saham Sorini dari AKR Group, juga mencaplok 16,19% saham Sorini milik UOB Kay Hian Pte Ltd.Total nilai transaksi itu Rp. 2,72 triliun.

AKR Group menggunakan separuh dana hasil penjualan PT. Sorini Agro Asia Corporindo Tbk. ke Cargill Inc untuk mendongkrak bisnis distribusi BBM nya. Sumber  AKR Group menyatakan dana yang telah disiapkan untuk memperkuat lini distribusi BBM nya itu berkisar Rp. 750 miliar-Rp1 triliun. Adapun divestasi 68,82% saham Sorini milik AKR ke Cargill Rp. 2,2 triliun. Untuk mendukung bisnis distribusi BBM nya, AKR Group  membeli kapal tanker dan membangun lima unit stasiun distribusi BBM.  Lima unit stasiun BBM itu  dibangun di Teluk Timbau dan Buntok Baru, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. Tiga stasiun lainnya dibangun di Palembang, Sumatra Selatan; Kalimantan Timur; dan Bitung, Sulawesi Utara.

Stasiun distribusi BBM itu juga akan mendukung tambang batubara milik AKR Group di Muara Teweh, Barito Utara, Kalimantan Tengah yang sekaligus menjadi sentral distribusi batubara dari tambang milik pihak ketiga yang berniat menggunakan jasa perusahaan milik AKR tersebut. Adapun, kapal tanker yang dibeli dikhususkan untuk memudahkan distribusi bahan bakar lintas pulau yang ditujukan untuk kapal nelayan. Ukuran kapal tanker yang  dibeli itu 5.000 ton. Dengan demikian, saat ini, AKR Group baru memiliki 3 kapal tanker berkapasitas 1.000 ton, 2.000 ton, dan 5.000 ton.

 AKR Group juga  mengadakan perubahan dalam Portofolio aset dan investasinya untuk mencapai struktur modal yang kuat. Adapun, lanjutnya, selama kuartal III/2017 perseroan menandatangani sebuah kesepakatan penjualan ekuitas untuk mendivestasi kepemilikan saham di Pelabuhan Guigang. Hasil dari divestasi tersebut beserta arus kas dari operasi, akan meningkatkan kemampuan AKR Group dalam mendanai peluang pertumbuhan di segmen perdagangan dan distribusi, kawasan industri, infrastruktur, serta utilitas.

AKR Group  mendapatan dana  senilai Rp. 311,70 miliar dari penjualan investasi perusahaan di Pelabuhan Guigang, China selama kuartal ketiga tahun 2017. Perseroan juga menandatangani perjanjian penjualan ekuitas dengan Beibu Gulf Port Co.,Ltd, China. AKR Group telah menyepakati pengalihan kepemilikan modalnya sebesar 427,87 juta renmimbi pada 22 September 2017 di China terkait dengan kepemilikan Ekuitas di pelabuhan Guigang dengan Beibu Gulf Port Co., Ltd.

PT. Berlian Manyar Sejahtera (BMS), anak perusahaan PT. AKR Corporindo Tbk., mendapat konsesi pengelolaan Terminal Manyar, Gresik selama 76 tahun dari Kementerian Perhubungan. Pihak BMS mengatakan, pengelolaan Terminal Manyar diharapkan bisa menekan biaya logistik karena memiliki akses langsung ke pasar domestik dan internasional di samping letaknya masuk dalam kawasan industri Java Integrated Industrial & Port Estate (JIIPE).

Sebagaimana diketahui, Terminal Manyar di Pelabuhan Gresik merupakan bagian dari kawasan pelabuhan seluas 400 hektare. Terminal multiguna ini menjadi tempat bongkat muat curah kering, curah cair, kargo umum, dan peti kemas. Kedalaman dermaga mencapai 16 meter low water spring (LWS) sehingga bisa disandari kapal berukuran hingga 150.000 DWT. Perluasan dermaga rencananya jadi 400 ha sekarang baru 85 ha. Dermaga sekarang baru 500 m, nantinya mau jadi 6500 m. Ini akan jadi pelabuhan terbesar dan terdalam di Indonesia, menurut sumber AKR Group.

Dermaga pertama sepanjang 500 meter dengan kedalaman 14 meter telah mendapat izin operasi sejak Desember 2015 dan dibuka pada Februari 2016. Tahun ini, volume kargo di Terminal Manyar mencapai 1,3 juta ton. Untuk diketahui, Berlian Manyar Sejahtera dimiliki AKR Group  lewat  anak perusahaannya PT. Usaha Era Pratama Nusantara sebesar 40%. Sisa saham sebesar 60% dimiliki PT. Berlian Jasa Terminal Indonesia, anak usaha PT Pelindo III (Persero).
            
Masih satu kompleks dengan Terminal Manyar di kawasan Pelabuhan Gresik, Jawa Timur, PT. AKR Corporindo Tbk. membangun kawasan industri terintegrasi Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) seluas 700 hektar. Proyek tersebut memerlukan biaya sebesar Rp. 9 triliun. AKR Group membangun kawasan industri yang dilengkapi fasilitas dermaga sepanjang 600 meter.

PT. AKR Corporindo Tbk (AKRA)  berencana melakukan ekspansi melalui anak usahanya, PT. Usaha Era Pratama Nusantara (UEPN) dengan membangun pelabuhan di Jawa Timur. Adapun dana tersebut sebesar Rp. 675 miliar yang berasal dari penerbitan obligasi. Sebanyak 45 persen dari obligasi digunakan untuk ekspansi pembangunan pelabuhan di Jawa Timur berasal dari penerbitan obligasi perseroan, kata Direksi AKRA.

AKR Group melalui PT AKR Corporindo Tbk., juga  berencana membangun 7 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (SPBKB) di wilayah Terdepan, Terluar, Tertinggal (3T) sampai paruh pertama 2018 untuk mensukseskan program BBM 1 harga.

Sumber AKR Group mengatakan, pembukaan SPBBKB di wilayah 3T sesuai dengan program pemerintah yang ingin memacu penyediaan lembaga penyalur BBM 1 harga. Program yang dicanangkan Presiden Joko Widodo ini bertujuan mewujudkan energi berkeadilan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pihak AKR Group berharap masyarakat di wilayah 3T dapat menggunakan BBM dengan harga yang setara seperti di kota-kota besar, ujarnya dalam peresmian SPBKB di Kec. Balai, Kab. Sanggau, Kalimantan Barat milik AKR Group pada Desember 2017. Dua produk BBM yang disediakan di SPBKB Balai ialah Ron 92 dengan harga Rp.7.950 per liter dan Biosolar dengan harga Rp. 5.150 per liter. Kapasitas tangki penyimpanan masing-masing produk sebesar 20.000 kilo liter (kl).

Sebelumnya, pada November 2017, AKR Group meresmikan SPBKB di Kec. Ledo, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat, dengan produk dan kapasitas tangki serupa seperti di SPBKB Balai. Namun, SPBKB Ledo sudah beroperasi sejak Agustus 2017. Animo masyarakat terbilang cukup bagus, karena penjualan di SPBKB Ledo berkisar 2-3 kl biosolar dan 1 kl Ron 92 setiap hari. Lembaga penyalur tersebut melayani warga dengan radius sekitar 20 kilo meter (km) dari SPBKB terdekat. 

SPBKB Ledo dan Balai mendapatkan pasokan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) AKRA di Wajok, Kec. Siantan, Kab. Mempawah, Kalbar yang memiliki kapasitas 18.000 kl. Bahan baku bensin dan solar diimpor dari Singapura. Namun, produk biosolar dicampur dengan minyak kelapa sawit agar menjadi biodiesel 20 (B20). 

Jarak TBBM Wajok menuju SPBKB Balai mencapai 133 km, sedangkan SPBKB Ledo lebih jauh. Menurut Nery, ini menjadi salah satu tantangan sebagai lembaga penyalur BBM di wilayah 3T, di samping kesulitan pengangkutan material pembangunan SPBKB dan tenaga kerja terlatih. Investasi satu SPBKB di luar tanah, seperti di SPBKB Balai ini sekitar Rp. 5 miliar. Karena ada beberapa material yang didatangkan dari Jawa, kata sumber AKR Group.

AKR Group Menarik Investasinya Di Luar Negeri dan Fokus berbisnis Di Dalam Negeri

AKR Group melalui holding companynya PT. AKR Corporindo Tbk. mulai merealisasikan rencananya fokus berbisnis di dalam negeri. Beberapa waktu lalu, perusahaan ini melego anak usahanya di China.  
September 2017 lalu, perusahan yang memiliki kode emiten AKRA ini telah melakukan perjanjian divestasi kepemilikan saham di bisnis operator pelabuhan Guigang, China, dengan Beibu Gulf Port Co Ltd. AKRA melepas anak usaha tersebut dengan nilai sebesar RMB 427,86 juta. AKRA menjual anak usahanya yang didirikan di China kepada perusahaan lokal. Tercatat, perseroan telah melakukan divestasi pada tiga anak usahanya. Dari sumber  Bursa Efek Indonesia (BEI), pada September 2017, AKRA telah melakukan divestasi penyertaan pada anak perusahaan, yakni sebesar 94,64% di Guangxi Guigang AKR Container Port Co., Ltd., 78% di AKR (Guigang) Transshipment Port Co., Ltd., dan 100% di AKR (Guigang) Port Co., Ltd. 

Baru-baru ini, AKRA juga mengumumkan akan menjual Khalista (Liuzhou) Chemical Industry Co Ltd. Anak usaha yang bergerak di bidang produksi sorbitol ini ditawarkan ke pemerintah setempat. Divestasi ini ditargetkan rampung pertengahan 2018. Selanjutnya Khalista yang 100% sahamnya digenggam AKRA, bakal berhenti beroperasi. Nantinya tanah milik Khalista akan dilelang oleh pemerintah China. Kontribusi Khalista selama ini hanya 2% pada keseluruhan penjualan AKRA. Menurut pengamat bisnis,  penjualan Khalista bisa menambah pendapatan AKRA sebesar US$ 45 jutaUS$ 50 juta.

Selain itu, menjual anak usaha di China sebagai strategi yang tepat, karena dari awal AKRA ingin fokus bisnis di Indonesia. Rencana divestasi ini akan bagus bagi AKRA karena bisa dapat cash flow yang bisa difokuskan untuk proyek lainnya.

Proyek lain yang menanti AKRA di dalam negeri antara lain mega proyek kawasan industri Java Integrated Industrial & Ports Estate (JIIPE). Adapun proyek ini menjadi salah satu pondasi yang membuat kinerja AKRA di masa depan terus tumbuh. Namun, dalam jangka pendek, bisnis penjualan minyak masih menjadi penyumbang utama kinerja AKR Group. 

Penjualan & Distribusi BBM

Selama ini, pendapatan AKR Group memang masih berasal dari bisnis penjualan & distribusi bahan bakar minyak (BBM). Industri ini masih akan menopang kinerja perusahaan di tahun depan, paling tidak untuk tahun 2018.  

AKR Group melalui AKRA bekerja sama dengan BP Global Investments Limited untuk mendirikan anak usaha. Kali ini, anak usaha yang dibentuk bergerak dalam bidang penjualan bahan bakar minyak kepada ritel. Anak perusahaan AKRA yakni PT. Anugerah Krida Retalindo dan BP Global Investments Limited telah menandatangani akta pendirian perseroan bernama PT. Aneka Petroindo Raya di Jakarta Barat pada 6 Juni 2017. Adapun maksud dan tujuan dari pembentukan PT. Aneka Petroindo Raya adalah untuk memasarkan bahan bakar minyak ritel dan mengembangkan penawaran yang menarik ke pelanggan di outlet-outlet stasiun pengisian BBM yang berlokasi strategis di Indonesia.

Sumber AKR Group mengungkapkan, perusahaan joint venture antara AKRA dan British Petroleum (BP) sudah merencanakan membangun 14 SPBU pada 2018 nanti. Bisnis ini diperkirakan akan membuat kontribusi pendapatan dari segmen ritel akan mencapai 25% di 2020–2021 nanti. Saat ini, kontribusinya baru sekitar 7%.  


Sebelumnya, AKRA melalui anak usahanya PT. Anugerah Krida Retailindo bersama BP Global Investment Limited, telah menandatangani akta pendirian perseroan terbatas PT. Dirgantara Petroindo Raya berkedudukan di Jakarta Barat pada 28 April 2017. PT. Dirgantara Petroindo Raya tersebut akan beroperasi di bawah nama PT. Air BP-AKR Aviation. AKR menguasai 50,1% saham PT. Dirgantara Petroindo Raya, sedangkan Air BP memiliki 49,9% saham.  

AKRA menyatakan siap untuk membangun kilang minyak baru. Rencana ini dilontarkan sebagai tanggapan dari aturan Kementerian ESDM yang mewajibkan badan usaha yang bergerak sebagai penyalur minyak untuk memiliki cadangan bahan bakar minyak selama 30 hari.  Selain PT Pertamina (Persero) tentu dibutuhkan cadangan tangki baru. AKRA siap untuk menambah tangki jika diperlukan, kata Direksi AKRA. Menurut sumber AKRA, butuh waktu hingga 12 bulan untuk membangun kilang baru ini. Hanya saja, belum diketahui pada daerah mana kilang tersebut akan dibangun.

Selain membangun kilang minyak, AKRA juga akan melakukan upgrading kilang minyak dari 656 ribu kiloliter (kl) menjadi 1 juta kl dalam. Upgrading kilang ini dilakukan hingga empat tahun yang akan datang. Seperti diketahui, AKR Group melalui AKRA saat ini telah memiliki 166 tangki saat ini. Namun, hingga saat ini, cadangan minyak yang mampu dapat disediakan adalah selama 20 hingga 25 hari. Untuk itu, butuh pembangunan kilang baru dan upgrading kilang minyak sehingga target cadangan minyak selama 30 hari dapat tercapai.

AKR Group Aktif Melakukan Ekspansi Bisnis

AKR Group melalui PT. AKR Corporindo Tbk. (AKRA) terus aktif melakukan ekspansi bisnis di dalam negeri, antara lain mendirikan  perusahaan yang bergerak di bidang industri, perdagangan dan jasa pembangkit tenaga listrik pada Maret 2015. Direksi AKRA mengatakan, bahwa pendiriaan ekspansi bisnis tersebut dilakukan melalui dua anak perusahaannya, yakni PT. Santini Luwansa Lestari dan PT. Amanah Indo Invest. Adapun  perusahaan baru itu diberi nama PT. Energi Manyar Sejahtera itu berkedudukan di Surabaya, Jawa Timur.  

Bisnis properti di Jawa Timur (Jatim) sangat menjanjikan. Hal inilah yang menjadi alasan bagi AKR Group melalui PT. AKR Surabaya Land Cord  pada Januari 2016 memperluas bisnisnya membangun superblock di Kota Surabaya, dengan investasi Rp. 270 miliar.Rencanaya AKR Group akan menjadikan kawasan Surabaya Timur untuk memperluas bisnis di sektor propertinya. Kali ini, AKR Groupa bermitra dengan Hotel Hilton untuk pembangunan superblock Signature Gallery di kawasan Surabaya Timur, tepatnya di daerah Gubeng, Surabaya.

Menurut sumber AKR Group, kerja sama dengan manajemen Hotel Hilton merupakan langkah yang tepat di saat bisnis properti tengah menggeliat, walau kondisi perekonomian masih belum stabil. Hilton adalah pilihan paling tepat untuk hadir di kawasan prestisius Signature Gallery. Dalam hal ini,  manajemen Hilton juga menemukan partner yang sangat pas dalam pengembangan superblok ini. Signature Gallery dan Hilton akan saling memperkuat menjadi lambang kenyamanan hidup mewah, modern dan eksklusif di kota besar seperti Surabaya.

Signature Gallery adalah superblock prestisius yang mempunyai SOHO PEONY sebagai icon tower pertama. Konsep SOHO ini diperkenalkan pertama kalinya di wilayah Surabaya. Konsep properti yang memberikan leksibilitas tinggi dalam kegunaan tata ruang bangunan. Satu unit SOHO bisa dimanfaatkan sebagai kantor maupun hunian dalam waktu bersamaan dengan harga kompetitif, yakni Rp. 25 juta/m2.


Gubeng yang menjadi lokasi proyek property AKR Group tersebut  adalah kawasan tengah kota yang sangat strategis di Surabaya. AKR Group melalui PT. AKR Surabaya Land dengan optimis masuk dan merancang sebuah kawasan superblock yang memiliki area 1,7 ha untuk  hunian dan bisnis modern. Sumber Hilton melalui Development Asia Pacific-Hilton Hotels,  mengatakan, kerja sama ini telah melalui proses panjang. Jaringan Hotel Hilton International menyambut baik kerja sama dengan Signature Gallery. Jaringan hotel yang berpusat di Amerika dan beroperasi di seluruh dunia ini akan menempati area di Tower ke-2, dan akan mengelola 200 room keys berkelas bintang lima.

Masih seputar bisnis property, AKR Group melalui PT. AKR Land Development mengembangkan sayap bisnisnya di Jawa Timur. Setelah membangun SPBU, usaha PT. AKR Land mulai merambah hotel yang dibangun di Gresik. Investasi terhadap dua hotel tersebut mencapai Rp. 200 miliar. Pembangunan hotel ini dimulai pertengahan tahun 2016, dan diperkirakan selesai pada 2018. Dalam proyek ini, AKR Group melakukan kerja sama dengan AccorHotels dalam pengelolaan hotelnya.

Untuk Novotel hotel akan memiliki 200 kamar, sedangkan Ibis Hotel akan memiliki 250 kamar. Jumlah kamar ini merupakan yang pertama di kawasan Gresik, dan kehadiran kedua hotel ini semakin memperkuat perkembangan bisnis maupun pariwisata di Kota Gresik dan sekitarnya.

Bisnis hotel terutama di Surabaya, kata sumber AKR Group, sangat menjanjikan karena Surabaya merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta. Sementara itu, Gresik merupakan wilayah penyangga Surabaya, arah bisnis di Surabaya mulai berkembang ke arah Gresik dengan keberadaan beberapa proyek besar seperti pelabuhan-pelabuhan. Untuk itu, AKR Group sangat serius dalam mengembangkan bisnis di wilayah ini.

Keberadaan hotel di Gresik juga akan menghidupkan perekonomian Gresik. Hal ini terjadi lantaran kota ini sedang ada pengembangan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE). Kawasan Utara Gresik ini akan menjadi pelabuhan terbesar di Indonesia, karena JIIPE juga dirancang sebagai pusat pengembangan industri baru yang akan mendukung kegiatan ekonomi.

Pengembangan kawasan industri ini juga akan didukung dengan pelabuhan laut dalam, yakni pelabuhan untuk mempermudah arus barang. Untuk itu, perlu adanya hunian untuk mengakomodasi para pekerja, baik domestik maupun ekspatriat. Karena, jumlah pekerja naik signifikan.

Vice President Development dan Executive Director, AccorHotels untuk Malaysia dan Indonesia mengatakan, pihaknya sangat bekomitmen melakukan yang terbaik  di industri perhotelan Indonesia. Saat ini, hotel yang dikelola oleh Accor sudah berada di 92 negara di dunia. AccorHotels merupakan operator hotel terkemuka dengan jaringan terbesar di Asia Pasifik dan Indonesia.

Hotel yang ada di Gresik tersebut  akan menysir segmen pekerja. Baik pekerja asing maupun lokal. Apalagi, pada akhir tahun ini sudah masuk masyarakat ekonomi ASEAN (MEA), saat ini akan banyak pekerja yang masuk ke Indonesia, begitu juga Gresik. Wisatawan yang ada di Gresik juga banyak, mereka juga menjadi market tersendiri.

Di sisi lain. PT. AKR Corporindo Tbk. (AKRA) menargetkan proyek yang akan dibangunnya berupa  infrastruktur dasar di Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) akan selesai pada 2018. Termasuk pembuatan power plant, jalan tol penghubung dan jalur kereta api. Sumber AKRA mengatakan, ‎tahun 2018, diusahakan kemungkinan yang beroperasi  adalah sistem air dari air laut ke air tawar pakai rivers osmosis buat 2x50 kubik per jam, terus juga ada power plant kecil dengan daya 15 megawatt (MW)

Di bisnis distibusi dan penjualan BBM, AKR Group melalui PT. Aneka Kimia Raya Corporindo Tbk. (AKRA) mendapat penugasan dari Pertamina untuk penyediaan dan pendistribusian bahan bakar minyak (BBM) tertentu jenis premium dan solar bersubsidi pada tahun ini sebanyak 640 ribu kiloliter (kl). Alokasi BBM tersebut terdiri atas 140 ribu kl premium (mogas 88) dan 500 ribu kl jenis solar (gas oil).

Adapun, wilayah pendistribusian BBM tersebut, meliputi kabupaten dan kota di provinsi Sumatera Utara, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konglomerat Aneka Tambang Group & Kinerja Bisnisnya

8. ANEKA TAMBANG GROUP HOLDING COMPANY :   PT. ANEKA TAMBANG Tbk.       A l a m a t   : Kantor Pusat Gedung Aneka Tam...