Pages - Menu

Popular Posts

15 Januari 2019

Profil Pengusaha Adil A. Nurimba & Bisnis yang Dikelolanya






9. ADIL A. NURIMBA alias LIM ENG HWA

A. Tempat & Tanggal Lahir :            

     Bagan Siapi-Api, Sumatera Utara, 23 Mei 1922

B. Group Usaha yang Dimiliki atau Terafiliasi  : Gesuri Group
      
C. Posisi Penting Di Beberapa Perusahaan Ternama   :

No
Nama Perusahaan
Posisi
Bidang Usaha
Group Usaha
1.
PT Blue Swan Travel (Pte) Ltd.
President Commissioner
Travel agent
Gesuri
2.
PT Caravan
President Commissioner
Forwarding & Warehousing
Gesuri
3.
PT Cerval Food
Commissioner
Chicken product
Gesuri
4.
PT Indobaruna Bulk Transport
President Commissioner
Ocean going shipping
Gesuri
5.
PT Maskapai Asuransi Djakarta 1945
President Commissioner
General insurance
Gesuri
6.
PT Moges Shipping Co. Ltd.
Commissioner
Shipping
Gesuri
7.
PT Molindo
Commissioner
Cargo shipping
Gesuri
8.
PT Perintis Line
President Commissioner
Intersulair shipping
Gesuri
9.
PT Perusahaan Pelayaran Samudra
President Commissioner
Ocean going shipping
Gesuri

D. Jumlah Perusahaan yang Dimiliki : 34 Perusahaan
      Berikut Perusahaan Afiliasi

E. Bidang Usaha yang Dimiliki : 
     Ocean Going Shipping, Cargo Shipping, Etc.

F. Total Income Per Tahun (Estimasi) :  
    2018 - Rp  10.125,0 Milyar
    2017 - Rp    9.250,0 Milyar

G. Mitra Bisnis Penting Dari Dalam Negeri  :
    a. Jahja Bahar (Gesuri Group)
    b. Usman Salem (Gesuri Group)
    c. Tamin Djauhari (Gesuri Group)

H. Mitra Bisnis Penting Dari Luar Negeri : 
     a. Brand's & Co. of the United Kingdom
     b. Cerebos Pacific Service Ltd. of Singapore
     c. Mitsui OSK Line of Japan

I. Anggota Keluarga yang Aktif Dalam Group Usaha
   a.Tinny Nurimba (Istri)
   b. Frankie Nurimba (Putra)
   c. Antonius Suhendi Nurimba (Putra)
   d. Stephanus Nurimba (Putra)

J. Alamat Perusahaan Induk (Holding Company) :                                                               
    
    Kantor Pusat:
    PT Gesuri Lloyd
    Jl. Tiang Bendera IV No. 45, Jakarta 11230
    Phone(s) : (021) 6904000 (Hunting), 6902488, 
                            6903096
    Fax : (021) 6912024, 
                     6925987                                                                           
      
K. Latar Belakang Pendidikan : Sekolah Menengah Atas


L.  KINERJA BISNIS :

Adil Nurimba sudah lama malang melintang di dunia pelayaran­ yaitu sekitar tahun 1950-an. Ketangguhaannya dalam mengelola bisnis pelayaran ini juga sudah teruji. Sehingga di  dunia  pe­layaran namanya sudah tidak asing lagi dan cukup populer.

Adil Nurimba sendiri adalah pendiri Gesuri Group yang memu­lai usahanya dengan mewarisi usaha ayahnya seorang pengusaha pelayaran. Pada saat itu dia mewarisi empat tongkang tua bertena­ga layar. Pertama kali dia bekerjasama dengan nelayan setempat, tempat di mana dia dilahirkan yaitu di Bagan Siapi-Api, sebuah kota nelayan di provinsi Sumatera Utara.  Adil bekerjasama dengan  petani  setempat dengan menjual hasil tangkapan nelayan setempat ke Malaysia dan Singa­pura dengan menggunakan tongkang tua milik Adil.

Selain ikan, Adil lalu juga mengangkut hasil bumi di antar­anya karet dan juga bahan tambang yaitu Timah milik Malaysia ke Singapura. Dari  hasil bisnis transportasi  itulah, usaha Adil mulai berkembang.

Pada tahun 1958, Adil memindahkan basis bisnisnya ke Jakar­ta, dan dia melanjutkan usahanya di bidang transportasi laut dengan mencarter sebuah kapal uap Singapura, dan membuka jalur operasi ke Surabaya dan Medan. Lalu diikuti dengan pencarteran dua kapal Jepang untuk jalur pelayaran interinsuler

Dalam perkembangan bisnisnya, Adil kemudian tidak hanya mencarter kapal, tetapi dia sudah mampu membeli kapal sendiri yang dikelolanya melalui PT Perusahaan Pelayaran Samudra "Gesuri Lloyd" atau sering disingkat PT Gesuri Lloyd yang juga merupakan cikal bakal dari Gesuri Group.

Dalam perjalanan bisnisnya, kelak PT Gesuri cukup tangguh dalam menghadapi berbagai kesulitan. PT Gesuri dinilai satu dari sedikit perusahaan pelayaran nasional yang tahan terpaan resesi. Kini Adil melalui PT Gesuri telah memiliki puluhan armada untuk mendukung bisnis pelayarannya. Di bisnis perkapalan ini Adil sempat dijuluki sebagai "Raja Kapal" di Asia Tenggara. Perusahaan yang  dikelola Adil itu terus berkembang sehingga mampu melayari jalur internasional (ocean going shipping) begitu volume  muatan dan jenis muatan yang diangkutnya semakin bertambah dan beragam.

Sukses mengelola PT Gesuri Lloyd, Adil lalu melakukan  per­luasan usaha dengan mendirikan beberapa perusahaan  pelayaran lainnya dan juga bisnis pendukungnya misalnya forwarding &  ware­housing buisness. Selain itu Adil juga telah melakukan diversifi­kasi usaha dengan memasuki bisnis insurance, travel agency, trading, dan sebagainya. Seluruh perusahaan yang dimiliki Adil itu tergabung dalam Gesuri  Group dengan holding  companynya PT Gesuri Lloyd.  

dil juga bekerjasama dengan investor asing dan lokal  dalam mengembangkan bisnisnya, misalnya saja dengan Jahja Bahar,  Usman Salem, dan Tamin Djauhari melalui PT Gesuri Lloyd. Sementara itu mitra asingnya di antaranya Mitsui OSK Line of Japan melalui PT Mitsui OSK Lines, dengan Brand's & Co. of the United Kingdom dan Cerebos Pacific Service Ltd. of Singapore melalui PT Cerval Food.

Saat ini dalam menjalankan roda bisnis di Gesuri Group, Adil dibantu oleh isterinya Tinny Nurimba dan ketiga anak lela­kinya yaitu Franky  Nurimba, Antonius Suhendi Nurimba, dan Stephanus Nurimba. Dari ketiga anaknya itu, Antonius Suhendi Nurimba dapat dianggap sebagai putera mahkota Adil. Latar  bela­kang pendidikan Adil adalah SMA (Sekolah  Menengah  Atas).  Dia hobby bermain golf.

Meskipun latar belakang pendidikan formalnya bukan dari teknik perkapalan ataupun pendidikan formal lainnya yang ada kaitannya dengan bidang perkapalan dan pelayaran, tetapi kemam­puan bisnis Adil dalam mengelola bisnis perkapalan cukup tangguh. Sehingga bisnis pelayarannya mampu bertahan puluhan tahun. 

* * *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Konglomerat Aneka Tambang Group & Kinerja Bisnisnya

8. ANEKA TAMBANG GROUP HOLDING COMPANY :   PT. ANEKA TAMBANG Tbk.       A l a m a t   : Kantor Pusat Gedung Aneka Tam...